Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (1)

1. Didi Mulyono
2. Eva Uliyah
3. Wilda Mayasari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

 Standar Kompetensi :
Mendengarkan
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.

 Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi tokoh, watak, tema atau amanat dari cerita yang dibacakan.

 Indikator :
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita yang dibacakan
• Menjelaskan watak dari tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
• Menjelaskan latar cerita
• Mengidentifikasi tema dari cerita yang dibacakan
• Menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita

 Tujuan Pembelajaran :
Melalui bacaan yang disimak, siswa dapat :
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita yang dibacakan dengan tepat
• Menjelaskan watak dari tokoh-tokoh yang ada dalam cerita dengan baik
• Menjelaskan latar cerita dengan benar
• Mengidentifikasi tema dari cerita yang dibacakan dengan baik
• Menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita dengan baik

 Materi Pembelajaran :
Cerita Anak

 Model Pembelajaran :
• Ceramah
• Tanya Jawab
• Think, Pair, Share

 Langkah-Langkah Pembelajaran:
• Kegiatan Awal :
– Salam
– Doa
– Absen
– Apersepsi

• Kegiatan Inti :
– Guru membacakan judul cerita anak di depan kelas
– Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan judul cerita
– Guru membacakan cerita di depan kelas dengan suara nyaring secara menarik dan hidup.
– Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan yang disimak
– Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru tentang isi bacaan yang disimak
– Guru mengorganisasikan peserta didik untuk membetuk kelompok yang terdiri atas 2 orang
– Guru memberikan kesempatan kepada tiap pasangan untuk menyatukan pendapat tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai bahan simakan
– Guru menginstruksikan kepada tiap pasangan untuk menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas dan pasangan lain menanggapi

• Kegiatan Akhir :
– Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
– Guru menulis rangkuman materi pembelajaran di papan tulis
– Guru memberikan PR “setiap siswa mencari cerita pendek di surat kabar dan mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema dan amanat dari cerita tersebut”

 Alat dan Sumber :
• Gambar-gambar dalam cerita pendek
• Buku Bahasa Indonesia kelas VI SD

 Penilaian :
• Tes tertulis
• Non tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar