Dini Cahyani ( 0804706 )
Nurul Rafaela ( 0803320 )
Sufenti ( 0802097 )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V (lima)/2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain peran.
Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
B. Kompetensi Dasar
Mendengarkan
Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat).
Berbicara
Mengomentari persoalan faktual diswrtai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Membaca
Menyampaikan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
Menulis
Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
C. Indikator
Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menyatakan dan menyampaikan pendapat sesuai dengan isi teks
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
Siswa dapat menyatakan dan menyampaikan pendapatnya secara lisan
E. Materi Pokok
Transportasi
F. Metode/Model pembelajaran
diskusi/kooperatif learning tipe Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
G. Langkah – langkah KBM
1. Kegiatan Awal
Salam,berdoa,absensi,mempersiapkan materi ajar,alat peraga
Siswa mengungkapkan pendapat
2. Kegiatan Inti
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
Siswa diberikan tugas masing-masing kelompok.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengetahui jawabannya.
Salah satu nomor siswa dipanggil sesuai nomor yang dipanggil guru.
Siswa melaporkan hasil kerja sama mereka.
Siswa yang lain menanggapi.
Kegiatan ini terjadi berulang kali hingga semua soal/masalah selesai terjawab.
3. Kegiatan Akhir
Memberikan kesimpulan
Siswa diberikan tugas untuk membuat kapal-kapalan dari kertas origami
H. Alat dan Sumber Belajar
Buku Bina Bahasa Indonesia kelas VB SD
Kertas Origami
I. Evaluasi
Tes Perbuatan : presentasi kelompok (diskusi kelompok)
INSTRUMEN PENILAIAN
SKALA PENILAIAN DISKUSI
Kelompok :
Anggota :
No Komponen yang di nilai Skala Penilaian
Bobot Skor
1 2 3 4 5
1 Kemerataan kesempatan bicara
2 Kejelasan bahasa paparan
3 Kebakuan bahasa paparan
4 Penalaran wicara
5 Kemampuan menghasilkan ide-ide baru
Keterangan
1 sangat kurang
2 kurang
3 cukup
4 baik
5 sangat baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar