Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (4)

1. Anggun Dwi F.S (0804724)
2. Kawisah (0804726)
3. Ahmad Ardiansyah (0801701)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

TEMA : MENGENAL DUNIA TUMBUHAN
KELAS / SEMESTER : II / I
MODEL PEMBELAJARAN : PICTURE AND PICTURE
Alokasi Waktu : 1x 35 menit
 Standar Kompetensi
a. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup mahluk hidup (IPA).
b. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan (Bahasa Indonesia)
c. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 (Matematika)

 Kompetensi Dasar
a. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan (IPA)
b. Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (Bahasa Indonesia)
c. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500(Matematika)

 Indikator
a. Menjawab pertanyaan sesuai idi teks yang didengar (IPA)
b. Mendengarkan teks pendek yang dibaca siswa (Bahasa Indonesia)
c. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500(Matematika)

 Tujuan Pembelajaran
a. Melalui pengamatan, siswa dapat : Menyebutkan bagian-bagian dari tumbuhan.
b. Melalui praktik langsung, siswa dapat : Menjawab isi teks pendek pada tumbuhan kesayanganku
c. Melalui praktik langsung, siswa dapat : Mengerjakan penjumlahan bilangan sampai 500

 Materi Ajar
a. Bagian-bagian dari tumbuhan : akar, batang, ranting, dahan, daun, buah
- Tumbuhan Kesayanganku
Dibelakang rumah Sigit ada kebun kecil,
Kebun itu ditanami pohon mangga dan pisang
pohon mangga dan pisang sedang berbuah lebat
Sigit rajin menyirami pohon-pohon tersebut
Pohon mangganya memiliki batang yang besar
Dahan dan rantingnya banyak
Pohon itu dirawat dengan baik oleh sigit

- Penjumlahan bersusun
Contoh : 236
150+
….
 SKENARIO PEMBELAJARAN
- Kegiatan awala persepsi:
a. menyebutkan bagian-bagian dari tumbuhan
b. menjawab isi teks pendek padatumbuhan kesayangan ku
c. mengerjakan penjumlahan bilangan smpai 500
 Metude dan Model Pembelajaran
- Metude : Ceramah, Tanya jawab, pengamatan, demonstrasi, penugasan
- Model Pembelajaran : Picture and picture




 Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal (3 menit)
- Berdoa bersama
- Mengabsen siswa
- Appersipsi : menanyakan jenis tanaman disekitar rumah
- Menyanyikan lagu tik-tik bunyi hujan


b. . Kegiatan inti (20 menit)
- Guru menyampaikan tujuan yang ingin di capai
- Guru menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru memperlihatkan gambar pohon
- Guru dan siswa Tanya jawab tentang bagian-bagian tumbuhan
- Guru menyuruh siswa membaca teks tumbuhan kesayanganku
- Guru menunjukan kartu-katu bilangan
- Guru menunjuk siswa secara bergantian menjumlahkan bilangan
- Guru membantu siswa menyimpulkan materi pelajaran dan memberikan nasehat



c. Kegiatan Akhir (7 menit)
- Memberikan evaluasi

 Sumber dan Media
- Sumber : Buku aku Senang Belajar Temaatik 2 A,Ganesa exact hal 32-33, kurikulum
- Media : Gambar pohon mangga, gambar jeruk, nanas jambu Buah-buahan



 Penilaian :Jenis tes tertulis

Soal :

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Tuliskan 2 bagian dari tumbuhan!
2. Sebutkan bagian tumbuhan yang paling bawah!
3. Ada apa dibelakang rumah sigit?
4. Selain pohon mangga, pohon apa lagi yang ada dikebun sigit?
Kerjakan!
5. 325
145 +
......


Kunci jawaban
1. Daun, ranting
2. Akar
3. Kebun
4. Pisang
5. 470

Skor nilai : nilai benar x 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar