Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (13)

Kelompok 13

 Ahmad Fauzi (0801688)
 Maria Indriyani (0801696)
 Yossi Yolanda (0803268)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pelajaran 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Teknologi Sederhana
____________________________________________________________________________

I. STANDAR KOMPETENSI:
7. Membaca teks secara intensif.
II. KOMPETENSI DASAR:
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
III. INDIKATOR:
• Membaca intensif
• Menjawab pertanyaan
• Meringkas bacaan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
* Siswa dapat menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dalam teks bacaan.
V. MATERI:
* Teks membaca intensif.
VI. METODE PEMBELAJARAN:
• Tanya jawab
• Pemberian tugas
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
A. Pendahuluan
• Guru menugaskan siswa membaca teks bacaan secara intensif yang terdapat pada buku Bina Bahasa Indonesia 4b halaman 34.

B. Inti
• Siswa membaca teks bacaan secara intensif.
• Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan teks bacaan.
• Siswa meringkas bacaan tanpa mengurangi maksud isi bacaan.
C. Penutup
• Siswa menukarkan ringkasannya dengan ringkasan teman sebangku. Kemudian membicarakan kekurangan masing-masing untuk diperbaiki.

VIII. ALAT DAN SUMBER:
• Standar isi
• Bina Bahasa Indonesia 4b
• Majalah atau surat kabar
IX. PENILAIAN:
• Tertulis
• Unjuk kerja




Pentas Kreasi Seni Siswa

Murid-murid sudah berkumpul di halaman sekolah. Seluruh murid hadir disertai juga orang tua murid yang diundang untuk menyaksikan acara tersebut. Mereka duduk di bangku yang telah disediakan. Hari itu SDN Mekar mengadakanacara pentas kreasi seni siswa. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memerahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.
Acara pentas kreasi seni siswa sudah sering diadakan di SDN Mekar. Pada acara tersebut ditampilkan seluruh kreasi siswa dalam bidang seni. Mereka menampilkan kebolehannya masing-masing. Ada yang membaca puisi, berpidato, atau menyanyi. Ada juga peragaan busana, memainkan alat musik dan pertunjukan tari. Tarian yang mereka bawakan bermacam-macam. Ada yang membawakan tarian daerah, tetapi ada juga yang menampilkan tarian kreasi baru.
Pukul delapan tepat acara dimulai. Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah. Dalam sambutannya Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yaitu dewan guru, serta murid-murid SDN Mekar yang telah berpartisipasi dalam acara pentas kreasi seni siswa.
Pertunjukan pertama adalah peragaan busana. Peragaan busana menampilkan murid-murid kelas satu. Busana yang ditampilkan bermacam-macam. Ada yang memperagakan busana daerah, busana kantor, seragam sekolah, busana muslim, juga ada yang memperagakan pakaian kebaya. Mereka tampak lucu-lucu dan menarik sekali. Dengan keluguan dan kepolosannya, mereka berlenggak-lenggok di atas panggung yang diiringi oleh tepuk tangan penonton. Acara selanjutnya adalah pembacaan puisi, pidato, serta tarian. Seluruh murid menyaksikan acara tersebut dengan dengan rasa gembira. Ternyata murid-murid SDN Mekar banyak yang berbakat dalam bidang seni.
Puku setengah dua belas acara selesai. Para pengunjung meninggalkan tempat duduknya masing-masing. Mereka puas telah menyaksikan acara tersebut. Mereka berharap agar acara tersebut tetap dipertahankan. Acara semacam itu sebagai sarana bagi murid-murid untuk menampilkan bakat-bakat seni yang mereka miliki. Juga untuk menambah pengalaman dan keberanian. Acara pentas kreasi seni merupakan sebuah acara yang bagus, menarik dan mendidik.





Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Di manakah acara tersebut dilaksanakan?




2. Apakah artinya pentas kreasi seni siswa itu?




3. Dalam rangka apa acara tersebut ditampilkan?




4. Siapa saja yang hadir dalam pertunjukan tersebut?




5. Pukul berapa acara tersebut dimulai?




6. Siapa saja yang tampil dalam acara pentas kreasi seni itu?




7. Siapa yang membuka acara tersebut?




8. Apa saja yang ditampilkan dalam acara tersebut?




9. Pukul berapa acara pentas kreasi seni selesai?




10. Bagaimanakah pendapat pengunjung terhadap pertunjukan yang telah mereka saksikan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar