Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (11)

Elly Maisah ( 0802081 )
Sinta Ayu Ningtias ( 0801663 )
Terra Juliani ( 0801748)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BIDANG STUDI : BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER : V (lima) / 2 (dua)
WAKTU : 2 x 35 menit
STANDAR KOMPETENSI :
• Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
• Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, dan laporan.
KOMPETENSI DASAR :
• Membaca
1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
2. Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus yang dilakukan dengan membaca memindai
3. Menyimpulkan isi teks dalam beberapa kalimat
• Menulis
1. Meringkas isi teks dengan memperhatikan penggunaan ejaan
INDIKATOR :
• Siswa mampu menjelaskan isi dalam teks
• Siswa dapat membandingkan isi dua teks
• Siswa mampu menyimpulkan isi teks dalam beberapa kalimat

TUJUAN :
• Menjelaskan isi dan kesimpulan dari dua teks
LANGKAH PEMBELAJARAN :
1. Kegiatan Awal
• Mengucapkan salam
• Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
• Absensi
2. Kegiatan Inti
• Guru memberitahukan materi yang akan disampaikan pada pembelajaran hari ini
• Siswa memperhatikan apa yang guru sampaikan
• Guru bertanya kepada siswa apa saja yang dapat dibandingkan dari dua teks
• Siswa menjawab pertanyaan guru
• Guru menjelaskan tentang membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
• Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang yang dibentuk secara heterogen
• Siswa mulai membentuk kelompok dengan teman-temannya
• Guru memberikan teks sesuai dengan topik yang pembelajaran
• Tiap kelompok siswa menerima teks yang diberikan oleh guru
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan intruksi pada awal pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru
• Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan hasil dari tugas yang diberikan guru dan memberi tanggapan terhadap teks dan ditulis pada lembar kertas
• Guru mengamati pekerjaan siswa kemudian meminta siswa menjelaskan hasil kelompok
• Siswa mempresentasikan/membacakan hasil kelompok masing-masing
• Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama
3. Kegiatan Akhir
• Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan
• Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
• Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
METODE :
• Ceramah
• Diskusi
• Tanya jawab
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
• Teks bacaan
• Buku teks siswa
PENILAIAN :
• Penilaian lisan
• Penilaian tingkah laku
• Penilaian unjuk kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar