Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (3)

SRI MURDIYAWATI (0803280)
YUSNIA DEWI (0802093)
AAN MUNAJAT(0801674)
RIPKI BAGJA NUGRAHA (0802075)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS / SEMESTER : 4/ II
WAKTU : 6 X 40 MENIT
A. TAHAP PERENCANAAN
Standar Kompetensi : memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten dan propinsi
Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
- Kemampuan mewujudkan sikap kepahlawanan dan patriotisme dalam lingkungannya - Mendeskripsikan pentingnya sikap pahlawan dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari - Menjelaskan pentingnya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
- Memberi contoh rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari
- Mewujudkan sikap positif terhadap para pahlawan dalam membela bangsa dan negara - Kepahlawanan dan patriotisme

1. Guru menetapkan konsep-konsep yang hendak diketahui oleh siswa, seperti :
a. Mendeskripsikan kepahlawanan di wilayah indonesia bagian timur,
Contoh : - Kapiten Patimura dari Maluku
- Pangeran Nuku dari Tidore
b. Mendeskripsikan kepahlawanan di wilayah indonesia bagian tengah,
Contoh : - Robert Wolter Monginsidi dari Sulawesi
- I Gusti Ngurah Rai dari Bali
c. Mendeskripsikan kepahlawanan di wilayah indonesia bagian barat,
Contoh : - Dokter Sutomo dari Jawa Timur
- Kiai Haji Ahmad Dahlan dari DIY. Yogyakarta
- Nyi Ageng Serang dari Serang
2. Guru mengajarkan sikap kepahlawanan
- Keberanian
- Jiwa patriotisme
- Bertanggung jawab
- Kejujuran
- Saling tolong menolong
- Pantang menyerah
3. Guru menetapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Alat dan Bahan : - gambar-gambar pahlawan
- Buku dan pulpen
4. Guru menetapkan pertannyaan :
a. Dari manakah pangeran Nuku berasal?
b. Tanggal berapa dan dimanakah dr. Sutomo dilahirkan?
c. Pada tahun berapakah organisasi budi utomo didirikan?
d. Diberi nama apakah pasukan yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai?
e. Pada tanggal berapakah Lapris dibentuk?
Latar Belakang
Sebelum negara kita merdeka, wilayah kita pernah dijajah oleh bangsa lain seperti belanda dan jepang. Mereka menginginkan wilayah negara kita karena di negara kita mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Para pahlawan kita seperti I Gusti Ngurah Rai, Kapiten Patimura dan lain-lain berusaha untuk mempertahankan wilayah kita. Oleh kerena itu kita sebagai penerus bangsa wajib menghargai jasa para pahlawan kita seperti memperingati hari pahlawan, mempunyai jiwa nasionalisme.
B. Tahap pelaksanaan
1. Pengelolaan kelas
1.1 KBM dilakasanakan secara klasikal
1.2 Kegiatan pengembangan ketiga konsep dilakukan berurutan mulai dari konsep satu sampai dengan tiga
1.3 Ketiga kegiatan ini dilakukan dengan 6 jam pelajaran (3 kali pertemuan)


2. Kegiatan proses
1.1 perhatikan penejalsan guru tentang Meneladani patriotisme pahlawan
1.2 Mencoba mengerjakan latihan soal tentang kepahlawanan diwilayah Indonesia menurut konsep 1-3
1.3 Mengerjakan soal evaluasi

C. Evaluasi
1. Evaluasi proses
Perhatikan gambar pahlawan dibawah ini dan lengkapi
Siapa dan Berasal darimanakah pahlawan dalam gambar dibawah ini !
2. Evaluasi akhir
Berilah tanda silang (x) pada a, b, c, atau d untukjawaban yang paling benar!
1. Orang yang mempunyai jasa besar dalam memerdekakan dan membangun bangsa disebut.......
a. Presiden
b. Menteri
c. Gubernur
d. Pahlawan
2. Pahlawan dari provinsi maluku adlah sebagai berikut kecuali...
a. Kapiten pattimura
b. Sultan hasanudin
c. Marta c. Tiahahu
d. Karel s. Tubun
3. Pahlawan dari sulawesi yang dijatuhi hukuman mati oleh belanda ialah....
a. Arie Frederick Lasut
b. Dr. G. S.S.Y Ratulangi
c. C. Maria walanda maramis
d. Robert Wolter
4. I gusti ngurah rai adalah pahlawan nasioanal dari provinsi......
a. Bali
b. Jawa barat
c. Jawa timur
d. DIY
5. Pahlawan dari surabaya pendiri budi otomo adalah....
a. Setia budi
b. Dr. Sutomo
c. I gusti ngurah rai
d. KH. Ahmad dahlan
Kunci jawaban
1. D 4. A
2. B 5. B
3. D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar