Rabu, 11 Mei 2011

Contoh RPP Bahasa dan Sastra Indonesia SD (16)

ELSA MARITA SILFIANINGSI ( 0801689 )
MELIYANA ( 0801702 )
TB. AMAL MARHANI ( 0801694 )
FITRIANI ( 1004519 )
EEN SUHENAR ( 1004521 )

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
• Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas..
• Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa..

Kompetensi Dasar :
1. IPS :
• Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :
• Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3. PKN :
• Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4. Matematika :
• Membilang banyak benda .
• Mengurutkan banyak benda.

5. Bahasa Indonesia :
• Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
• Menjiplak berbagai bentuk huruf.

6. Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengekspresikan diri melalui menyanyikan lagu anak

Indikator :
1. IPS :
• Menyebutkan nama lengkap dan panggilan beserta usia.
• Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
• Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2. IPA :
• Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
• Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.

3. PKN :
• Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.

4. Matematika :
• Menyebutkan banyak benda.

5. Bahasa Indonesia :.
• Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
• Menjiplak berbagai bentuk huruf.

6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
• Menyanyikan lagu anak ”satu mata saya”

I. Tujuan Pembelajaran :
• Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
• Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya..
• Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
• Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
• Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
• Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf.
• Siswa dapat menyanyikan lagu anak ”satu mata saya”.

II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
• Identitas diri dan keluarga
• Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan
• Oprasi hitung.
• Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
• Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
• Menyanyi

III. Metoda Pembelajaran :
• Ceramah
• Diskusi.
• Tanya jawab.
• Demontrasi.
• Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
• Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
• Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
• Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti :
• Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
• Siswa dikelompokan kedalam kelompok dengan 2 – 5 anggota
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
• Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang diungkap
• Aggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian / sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
• Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
• Tim ahli mempersentasikan hasil diskusi
• Guru memberi evaluasi

C. Kegiatan akhir
• Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
• Mengerjakan post tes
• Pemberian PR / tugas
• Penutup

V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Sumber :
1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2, Penerbit Erlangga
2. Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Erlangga
3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Erlangga.
5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga
6. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Grafindo.

• Alat Peraga :
1. Gambar anggoa tubuh.
2. Gambar keluarga
3. Guru dan siswa

VI. Penilaian
Teknik Tes :
• Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
• Tes perbuatan.

Bentuk Tes :
1. Non Objektif tes

Instrument Tes :
• LKS


Butir Soal :
1. IPS :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. nama saya .........
2. rumah saya di ......
3. adik saya ada .......
4. kakak saya ada ........
5. saya sekolah di ...........

2. IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini gambar ………..
a. mata b. telinga c. kaki
2. bila kita makan menggunakan ............
a. tangan b. hidung c. mulut.
3. membaca menggunakan ......
a. rambut b. mata c. Perut
4. mata saya ada ....
a. satu b. dua c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci b. digosok c. dicabut

3. PKN :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang ...................
2. anak perempuan bermain .............
3. layang-layang dimainkan oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu ..............
5. bertengkar perbuatan ...........
4. Matematika :
1. gambar kelereng ada .........................
2. gambar bunga ada ........................
3. gambar pensil ada ...........................
4. bangku di kelas ada ......................
5. penghapus papan tuls di kelas ada .................








Mengetahui, ....................., ............... 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Tematik



_______________________ _______________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar